TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Ukhuwah Dalam Islam

Pengertian Ukhuwah dalam Islam
Gambar: http://nurulhikmahoke.blogspot.com/
Ukhuwah atau 'sikap persaudaran' adalah sesuatu yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan menjadi salah satu keharusan dalam syariat Islam. Dimana Islam begitu menjungjung tinggi persaudaraan baik sesama muslim maupun non-muslim. Dan inilah salah satu bukti bahwa agama islam adalah agama rahmatan lil aalamiin (rahmat bagi seluruh alam).

وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ
"Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim". (Q.S. An-Nisa: 1)

Ukhuwah atau sikap persaudaraan ini sendiri diuraikan kedalam beberapa pembagian dianaranya adalah ukhuwah islamiyyah, ukhuwah diniyyah, ukhuwah basyariah, dan ukhuwah wathoniyah.

1. Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah islamiyah artinya yaitu sikap persaudaraan dengan cara islam. Ukhuwah islamiyah bukan berarti kita harus menjaga sikap persaudaraan antar sesama muslim saja, melainkan pula terhadap segala hal yang ada didunia ini, termasuk sikap persaudaraan terhadap sesama manusia, baik muslim maupun non muslim, terhadap sesama warga negara, terhadap segala sesuatu yang dianjurkan untuk dilakukan sikap persaudaraan. Artinya, sikap ukhuwah islamiyah cenderung lebih umum dan melingkupi setiap ukhuwah-ukhuwah yang lainnya tanpa terbatas oleh status agama, status kebangsaan, ras, suku, dan lain sebagainya. Karena ukhuwah islamiyah lebih melingkupi dan dilakukan dengan cara islami.

2. Ukhuwah Diniyyah

Ukhuwah diniyyah artinya yaitu sikap persaudaraan antar sesama pemeluk agama. Dalam hal ini, kita sebagai seorang muslim mesti dan wajib mencintai saudara-saudara kita seagama, baik itu dari kebangsaan yang berbeda, ras yang berbeda, suku yang berbeda, ataupun baik itu kaya, miskin, pejabat, maupun rakyat. Asalkan semuanya muslim, maka mesti bagi kita untuk menjaga sikap persaudaraan sesama agama (Ukhuwah Diniyyah)

3. Ukhuwah Basyariyah

Ukhuwah basyariah artinya yaitu sikap persaudaraan antar sesama manusia. Sikap persaudaraan ini lebih memandang pada nilai-nilai kemanusiaan. Tidak memprioritaskan pada status agama, ras, suku, bangsa, dan lain sebagainya.

4. Ukhuwah wathoniyah

Yakni ukhuwah atau sikap persaudaraan antar sesama warga negara. Layaknya kita sebagai bangsa indonesia mesti menjaga sikap persaudaraan antar sesama warga negara dan memperjuangkannya jika saudara kita mengalami kesulitan di negara lain. Sama-sama menjaga keutuhan negara dan saling membantu antar sesama warga negara.
(end)

Bagikan: