TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Belajar Agama Dari Internet?

Assalamualaikum, wr. wb.
Sahabat pembaca chiyallmarzooqie, beberapa waktu ini, ane merasa getir menyimak perkembangan teknologi internet yang semakin nyeleneh pemanfaatannya dan dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ya, dimulai dari hal-hal yang klasik seperti maraknya situs porno, rasisme, anarkisme, isu HAM, kejahatan cyber, hacking, fitnah, gosip, dan lain sebagainya. Sampai-sampai permasalahan agama pun kini menjadi salah satu hal yang menghawatirkan di dunia maya bila pemanfaatannya tidak pas bahkan terbilang 'lalaora' atau dengan kata lain, ceroboh.

Belajar agama dari internet

Memang, internet kini menjadi kebutuhan yang dianggap penting. Bahkan dalam prakteknya, internet sudah menjadi selayaknya dewa yang dimintakan pertolongan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan teoritis, informatis, dilematis, galauwis, dan lain sebagainya. Walaupun sebenarnya hal tersebut sah-sah saja, tapi ketika penggunaan dan pemanfaatannya salah kaprah, apa jadinya?. Apalagi bila disangkut pautkan dengan masalah agama dan segala sesuatu yang berkaitan dengan ketuhanan, miris.

Islam, banyak warganya yang masih belum faham dengan agamanya, miris kan?. Banyak permasalahan-permasalahan agama yang belum mereka fahami. Baik dari fiqh, sejarah, tauhid, Al-Qur'an, sunnah, surga, neraka, dan lain sebagainya. Tak ayal, ketika internet semakin meningkat mobilitasnya, tak jarang (banyak) warga muslim yang menggunakan internet sebagai sarana mengembangkan wawasan dalam rangka menuntut ilmu agama. Apakah hal ini salah? Tentu tidak, justru ini adalah terobosan yang cukup baik dikala sudah semakin kecil dan malasnya para warga muslim untuk mendatangi dan belajar langsung dari ustadz-ustadz di pengajian.

Yang jadi masalah adalah, ketika informasi dari internet yang dijadikan rujukan keagamaan tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan. Artinya, setiap informasi agama mesti bisa dipertanggung jawabkan baik di dunia maupun di akhirat.

Bayangkan, bila kita mengambil informasi keislaman dari sebuah situs atau website yang kemudian ternyata si penulis website tersebut adalah seorang non-muslim dengan tujuan menghancurkan agama islam secara halus.Ia memberi informasi seperti layaknya seorang muslim terpercaya dan menyisipkan kesesatan-kesesatan yang mampu membodohi orang-orang awam. Maka ini akan sangat berbahaya.

Atau bisa jadi informasi tersebut datang dari sesama muslim, namun ia memiliki latar belakang golongan muslim yang berbeda, atau dari madzhab yang berbeda, atau dari firqah yang berbeda, atau dari orang yang belum faham betul tentang keislaman. Ini pun akan sangat berbahaya.

Maka, saya anjurkan bagi sahabat-sahabat kaum muslimin sekalian untuk berhati-hati dalam mengambil informasi keagamaan dari internet. Pilihlah situs-situs yang terpercaya berdasarkan manhaj atau madzhab sedulur sekalian. Tetap tanyakan pada ustadz apabila ada permasalahan-permasalahan yang kurang dipahami.

Berikut ini situs-situs terpercaya muslim ahlu sunnah wal jamaah:
  1. http://islamuna.info
  2. http://www.aswajanu.com
  3. http://wiki.aswajanu.com
  4. http://piss-ktb.com
  5. http://muslimedianews.com
  6. http://majelisrasulullah.org
  7. http://nu.or.id
  8. http://www.aswajacenter.com
  9. http://www.sarkub.com/
  10. http://tv9.co.id/
Radio, TV, Shalawat, Pengajian:
Website/Blog personal:
Blog pelajar aswaja:
  1. http://kmnu-itb.weebly.com/
Blog membela awaja:
  1. http://www.mosleminfo.com/
  2. http://www.suara-muslim.com/
  3. http://kabarislam.wordpress.com/

Bagikan: