TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Doa Bangun Tidur, Tidur Lagi

Doa bangun tidur, tidur lagi

Tidur merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada sebagian makhluk-Nya, salah satunya yakni kepada kita sebagai manusia. Dan alangkah indahnya ketika kita sebagai manusia bisa menikmati lelapnya tertidur dalam kondisi yang nyaman dan tenang. Kondisi dimana kita bisa merehatkan sekujur tubuh kita setelah lelahnya menjalani aktifitas seharian. Dan tentunya ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri karena ternyata tidak semua orang bisa menikmati lelapnya tidur dengan nyaman. Bahkan dalam istilah medis ada yang namanya penyakit insomia. Yakni suatu penyakit dimana seseorang sulit tidur hingga menyebabkan para penderitanya mengalami rasa lemah karena kurangnya istirahat.

Oleh karena itu sudah selayaknya kita mensyukuri anugrah tidur yang telah Allah berikan kepada kita. Salah satunya dengan cara berdoa baik sebelum ataupun setelah bangun tidur.

Bahkan saat kita sedang tertidur, misalkan malam hari, kemudian kita terbangun, entah itu karena kita ingin buang air kecil terlebih dahulu, atau memang karena terbangun begitu saja ditengah asiknya lelap. Maka, disunahkan ketika kita hendak melanjutkan tidur kita kembali untuk memabaca dzikir ataupun doa sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berbagai riwayat hadist. Dan diantara doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:

1.
لاَ إله اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدير، الحَمْدُ للَّهِ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَلاَ إلهَ إلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إلاَّ بِاللَّهِ العَلِيِّ العَظِيمِ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لي

Laa ilaaha illalloh wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wahua ‘ala kulli syai-in qodiir, alhamdulillahi wa subhaanallohi wa laa ilaaha illallohu wallohu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil adzhiim. Allohummaghfir liy..

Tiada tuhan selain Allah Tuhan Yang Esa, tiada sekutu baginya, pemilik kekuasaan dan pemilik segala pujian. Dan Dia berkuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah, maha suci Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Tiada daya dan tiada upaya kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Luhur lagi Maha Agung. Yaa Allah, ampunillah aku..
(Refr: H.R. Bukhari)

2.
لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ الَّلهُمَّ أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِي وَأَسْأَلُكَ رَحْمَتَكَ. الَّلهُمَّ زِدْنِي عِلْماً وَلا تُزِغْ قَلْبِي بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنِي، وَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ رَحَمةَ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Laa illaha illa anta subhaanaka Allohumma astagfiruka lidzanbiy wa as-aluka rohmataka. Allohumma zidniy ilman wa laa tuzigh qolbiy ba’da idz hadaitaniy, wa hab liy min ladunka rohmatan innaka antal wahhaab

Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Ya Allah, Aku memohon ampunan untuk dosaku dan aku memohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahkanlah aku pengetahuan dan janganlah Engkau memalingkan hatiku setelahnya, karena Engkau yang telah memberi petunjuk padaku. Dan berikanlah aku rahmat dari-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.
(Refr: HR. Abu Daud)
3
لا إله إلا اللَّهُ الواحِدُ القَهَّارُ، ربُّ السَّموَاتِ والأرضِ ومَا بَـيْنَهُما العَزيزُ الغَفَّـارُ

Laa ilaaha Illallohul waahidul Qohhar. Robbussamaawaati Wal Ardli wamaa bainahumal aziizul ghoffar

Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, Yang Maha Kuasa, Yang merupakan tuhan lagit dan bumi serta yang ada diantara keduanya, Yang Maha Agung, Yang Maha Pengampun.
(Refr: HR dalam kitab ibn Siniy)

Semoga bermanfaat!

Bagikan: