TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Perguruan Tinggi Di Bandung Barat

Pendidikan merupakan sebuah keharusan bagi setiap makhluk yang bernama manusia. Dimana manusia sebagai makhluk berakal tentunya membutuhkan asupan intelektual guna berpikir secara benar. Karena ketepatan berpikir memang digantungkan salah satunya pada sejauh mana seseorang memiliki intelektual.

Namun, terkadang dalam menempuh suatu pendidikan, sering sekali ditemukan halangan-halangan yang menyebabkan seseorang merasa kesulitan dan kesusahan. Salah satunya dari sarana dan prasarana belajar. Bahkan, lebih parah lagi ketika dalam suatu wilayah tidak terdapat sama sekali lembaga pendidikan. Yang akhirnya menyebabkan banyak orang "tidak terdidik" akibat fasilitas pendidikannya itu sendiri memang tidak ada.

Bandung Barat, sebagai kabupaten yang baru berdiri pada tahun 2007 dihadapkan pada pekerjaan-pekerjaan urgent yang memang harus segera diselesaikan. Salah satunya dalam bidang pendidikan yang merupakan hal penting bagi kehidupan manusia. Apalagi jika dikaitkan dengan kebutuhan beragama, pendidikan merupakan sebuah kewajiban yang mesti terpenuhi. Dalam hadist nabi disebutkan "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah." (Al-Hadist).

Namun apa jadinya ketika pemerintah kurang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pendidikan? Tentunya ini merupakan hal yang sangat ironis.

Di Bandung Barat ada beberapa hal yang perlu dikritisi tentang permasalahan pendidikan. Yakni masih minimnya fasilitas pendidikan khususnya perguruan tinggi. Sehingga pada akhirnya masyarakat Bandung Barat banyak terganjal untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi akaibat tidak adanya sarana kuliah. Bahkan beberapa masyarakat bandung barat mesti melanjutkan ke luar kota untuk dapat melanjutkan kuliah. Itu pun bagi orang-orang yang mampu memenuhi biaya hidup diluar kota. Karena tentunya ketika kita kuliah diluar kota, kebutuhan finansial pun akan semakin meningkat. Salah satu contohnya yakni untuk kebutuhan tempat tinggal, makan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Maka perlu kiranya Bandung Barat menambah sarana kuliah atau perguruan tingginya guna mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pendidikan kampus. Sehingga masyarakat Bandung Barat tidak perlu pergi ke luar kota untuk dapat mengenyam bangku kuliah.

Adapun perguruan tinggi yang masih eksis di wilayah teritorial Bandung Barat saat ini hanya ada beberapa saja. Diantaranya yaitu STAI Darul Falah Cihampelas, Polban, Tridarma Husada, Advent, dan Boromius. Perguruan tinggi ini pun semuanya masih kalah bersaing dibanding perguruan tinggi yang lain yang ada diwilayah tetangga yakni Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Semoga Bandung Barat kedepan memiliki perguruan tinggi besar yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi  lain yang ada di Indonesia, bahkan mendunia. Dan idealnya, perguruan tinggi yang sudah ada harus mampu dimaksimalkan oleh pemerintah agar lebih bisa bersaing dengan kampus yang lain. Dan masyarakat pun bisa lebih berminat dan percaya dengan perguruan tinggi yang ada di Bandung Barat.

Bagikan: