TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Hukum Menggosok Gigi Saat Puasa

Memakan sikat gigi saat sedang berpuasa, dapat membatalkan terhadap puasa, sebagaimana membatalkannya makanan dan minuman yang biasa kita makan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu memakan sikat gigi juga dapat menimbulkan madharat dan penyakit karena bagaimanapun sikat gigi bukanlah barang yang untuk dikonsumsi. Apalagi mengingat bahan dasar pembuatannya kebanyakan adalah terbuat dari plastik. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana hukum menggosok gigi saat sedang berpuasa?

Hukum menggosok gigi saat sedang puasa, bagaimana hukumnya?

Jawab:
Menggosok gigi saat sedang berpuasa tidak membuat puasa kita menjadi batal selagi air atau pasta gigi yang kita gunakan untuk menggosok gigi tidak masuk kedalam tubuh (tertelan). Bahkan menggosok gigi atau bersiwak tetap merupakan sunat apabila dilakukan sebelum waktu dzuhur. Adapun bila dilakukan setelah waktu dzuhur, maka menggosok gigi dan bersiwak menjadi makruh hukumnya. Hal ini karena ada hadist Nabi SAW yang berbunyi:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ الله تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“ Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh aroma yang keluar dari mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari wangi minyak Misik.” (HR.Bukhari no. 1761 dan Muslim no. 1942)

Biasanya, aroma mulut mulai terasa bau apabila sudah masuk tengah hari yakni pada waktu dzuhur. Oleh karena itu makruh hukumnya apabila kita menggosok gigi pada waktu tersebut.

Pendapat lain mengatakan, menggosok gigi atau bersiwak setelah waktu dzuhur tetap tidak dimakruhkan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Amir Robi'ah:

رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- مَا لاَ أُحْصِى يَتَسَوَّكُ وَهُوَ صَائِمٌ

“Aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa.” (H.R Ahmad, abu Dawud, dan Turmudzi)

Kesimpulan:
Menggosok gigi saat berpuasa menurut para ulama tidak membatalkan puasa selagi tidak ada yang tertelan baik itu air atau pasta gigi yang digunakan. Namun menurut pendapat yang paling masyhur dari madzhab Syafi'i, menggosok gigi setelah waktu dzuhur adalah makruh hukumnya. Adapun pendapat lain, ada yang tidak memakruhkan.
(Wallohu a'lam bishowab)

Referensi :
Al Iqna’ Fi Halli Alfadhi Abi Suja’, Juz : 1  Hal : 35
القول في آلة السواك : ويحصل بكل خشن يزيل القلح كعود من أراك أو غيره أو خرقة أو أشنان لحصول المقصود بذلك لكن العود أولى من غيره

Al Mausu’ah Al Fiqhiyah, Juz : 4  Hal : 139
الاستياك للصائم
اتفق الفقهاء على أنه لا بأس بالاستياك للصائم أول النهار، واختلفوا في الاستياك للصائم بعد الزوال

Al Majmu’, Juz : 1  Hal : 275
ولا يكره إلا في حالة واحدة وهو للصائم بعد الزوال لما روى أبو هريرة إن النبي صلى الله عليه وسلم قال لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك والسواك يقطع ذلك فوجب أن يكره ولأنه أثر عبادة مشهود له بالطيب فكره ازالته كدم الشهداء
 (الشرح) حديث أبي هريرة هذا رواه البخاري ومسلم وهو بعض حديث والخلوف بضم الخاء واللام وهو تغير رائحة الفم ولا يجوز فتح الخاء يقال خلف فم الصائم بفتح الخاء واللام يخلف بضم اللام وأخلف يخلف إذا تغير: أما حكم المسألة فلا يكره السواك في حال من الأحوال لأحد إلا للصائم بعد الزوال فإنه يكره نص عليه الشافعي في الأم وفي كتاب الصيام من مختصر المزني وغيرهما وأطبق عليه أصحابنا وحكى أبو عيسى (1) في جامعه في كتاب الصيام عن الشافعي رحمه الله أنه لم ير بالسواك للصائم بأسا أول النهار وآخره وهذا النقل غريب وإن كان قويا من حيث الدليل وبه قال المزني وأكثر العلماء وهو المختار: والمشهور الكراهة وسواء فيه صوم الفرض والنفل وتبقي الكراهة حتى تغرب الشمس وقال الشيخ أبو حامد حتى يفطر قال أصحابنا وإنما فرقنا بين ما قبل الزوال وبعده لأن بعد الزوال يظهر كون الخلوف من خلو المعدة بسبب الصوم لامن الطعام الشاغل للمعدة بخلاف ما قبل الزوال والله أعلم

Nailul Author, Juz : 1  Hal : 139
باب السواك للصائم
عن عامر بن ربيعة قال: «رأيت رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ما لا أحصي يتسوك وهو صائم» . رواه أحمد وأبو داود والترمذي وقال: حديث حسن
...........................................
والحديث يدل على استحباب السواك للصائم من غير تقييد بوقت دون وقت، وهو يرد على الشافعي قوله بالكراهة بعد الزوال للصائم مستدلا بحديث الخلوف الذي سيأتي. وقد نقل الترمذي أن الشافعي قال: لا بأس بالسواك للصائم أول النهار وآخره.
وقد نقل الترمذي أن الشافعي قال: لا بأس بالسواك للصائم أول النهار وآخره
واختاره جماعة من أصحابه منهم: أبو شامة وابن عبد السلام والنووي والمزني. قال ابن عبد السلام في قواعده الكبرى: وقد فضل الشافعي تحمل الصائم مشقة رائحة الخلوف على إزالته بالسواك مستدلا بأن ثوابه أطيب من ريح المسك، ولا يوافق الشافعي على ذلك إذ لا يلزم من ذكر ثواب العمل أن يكون أفضل من غيره، لأنه لا يلزم من ذكر الفضيلة حصول الرجحان بالأفضلية

Al Fiqhul Manhaji, Juz : 2  Hal : 83-84
والمفطرات كل من الأمور التالية
الأكل والشرب-الى أن قال- 2- وصول عين إلى الجوف من منفذ مفتوح.والمقصود بالعين: أي شيء تراه العين. والجوف: هو الدماغ أو ما وراء الحلق إلى المعدة والأمعاء.والمنفذ المفتوح: هو الفم والأذن والقبل والدبر من الذكر والأنثى

Bagikan: