TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

MEMBUAT BURAYOT

Burayot adalah makanan khas yang terbuat dari gula dan tepung beras

Orang sunda pasti tahu makanan ini. Makanan yang bentuknya "ngaburayot" atau dalam bahasa indonesia artinya mengkeriput. Makanan ini biasanya memiliki warna coklat muda atau bahkan tua dan sedikit mengkilat. Teksturnya renyah pada bagian luar, dan lembut dibagian dalamnya.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat burayot ini biasanya yaitu, Tepung beras, Gula merah, Minyak, dan ada juga yang menambahkan kacang serta sedikit vanili.

Cara membuatnya, pertama, gula merah dipanaskan dan dicampur air secukupnya hingga berbentuk cair dan mendidih. Jangan lupa tambahkan kacang dan vanili untuk mendapatkan aroma dan variasi rasa.Setelah itu, bila gula sudah mendidih dan mencapai kekentalan tertentu, maka gula yang masih panas diangkat dan dicampur dengan tepung beras. Proses pengadukan bisa dilakukan dalam wadah baskom atau sejenisnya. Jangan melakukan pengadukan secara langsung pada teplon yang dipakai untuk memanaskan gula. Kemudian diaduk hingga tercampur dan menjadi adonan.

Setelah itu goreng pada minyak yang telah dipanaskan sampai warnanya coklat dan matang.
Bila telah matang, angkat burayot dengan menggunakan capit agar bentuk dan teksturnya terjaga. Tiriskan. Setelah itu, burayot siap dihidangkan.

Bagikan: