TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Pemandian Air Panas Saguling

Sudah berapa kali saya bilang. Bandung Barat adalah pusat parawisata. Dan apabila dikelola secara maksimal, mungkin inilah yang disebut surganya parawisata dunia.

Kali ini saya akan memberitahu sahabat-sahabat sekalian tentang salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Kenapa memberitahu? Soalnya kalau disuruh membahas, saya sangat minim referensi tentang wisata alam ini. Meskipun dua hari yang lalu saya sempat mengunjungi tempat wisata alam ini. Namun saya lupa menggali berbagai informasi tentang berbagai hal tentang tempat wisata ini. Alhasil saya jadi minim referensi.


Tapi hal tersebut bukan menjadi hambatan bagi saya untuk mengekspose tempat wisata tersebut kedalam blog saya. Ya setidaknya ini kewajiban saya sebagai masyarakat bandung barat untuk mengenalakan potensi daerahnya. Dan yang akan saya informasikan kali ini yaitu, Pemandian air panas Saguling, kabupaten Bandung Barat.

Kita mulai dari akses jalan menuju ke tempat pemandian air panas ini. Jika sahabat-sahabat berada dikawasan cianjur, maka untuk menuju pemandian air panas ini sahabat-sahabat bisa melewati daerah Rajamandala kemudian belok menuju kawasan kantor Indonesia Power Saguling. Karena letak pemandian air panasnya memang tak jauh dari kantor IP Saguling.

Nah, untuk sahabat-sahabat yang ada di kawasan Cimahi, selain lewat Rajamandala, mungkin bisa dicoba jalur Batujajar, kemudian Cililin, Kemudian Cipongkor, lantas menuju saguling dengan melintasi bendungan Saguling terlebih dahulu. Kemudian baru menuju ke lokasi wisata pemandian air panas yang lokasinya memang tak jauh dari kantor Indonesia Power Saguling.

Untuk tempat wisata pemandian air panasnya memang masih sangat sederhana. Tidak ada kolam besar seperti kolam renang yang ada di pemandian Air panas Cimanggu, Ciwidey. Tapi disini kita hanya disuguhkan kamar-kamar sederhana yang didalamnya berisi bak yang bisa ditempati oleh dua orang saja. Kalau saya gambarkan mungkin seperti tempat spa. Didalamnya kita hanya bisa berendam menghangatkan tubuh tanpa bisa berenang kesana kemari. Tapi lumayan asik kok. Khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan ketenangan sambil berendam, tentunya ini bisa dijadikan salah satu referensi wisatanya.

Selain pemandian air panas, ditempat ini kita juga bisa menilmati keindahan alamnya. Tentunya alam dikawasan saguling masih cukup asri. Kita bisa melihat sungai-sungai kecil disekitaran lokasi pemandian Air panas ini. Menyenangkan.

Jadi, selamat mencoba!

Bagikan: