TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Cara Menghafal Alfiyyah Ibnu Malik

Cara mudah menghafal Alfiyyah Ibnu Malik
Alfiyah Ibnu Malik
Cara mudah menghafal kitab Alfiyah Ibnu Malik? Eumhh..

Kitab Alfiyyah ibnu malik merupakan sebuah kitab fundamental dan fenomenal dalam tatanan kajian ilmu nahwu dan ilmu shorof yang didalamnya berisi nadhoman berjumlah 1002 bait. Pengarang kitab alfiyyah ini yaitu seorang ulama andalusi bernama Syaikh Muhammad bin Abdullah Bin Maalik yang lahir pada tahun 597 H dan wafat tahun 672 H.

Singkat kata. Sebenarnya tujuan saya membuat postingan ini bukan karena saya sudah hafal atau sudah mampu menguasai dan memahami kitab alfiyyah, tetapi tujuan saya memposting tulisan ini adalah dengan harapan agar kita sama-sama saling memberikan ide atau sharing tentang pengalaman dalam proses menghafal kitab Alfiyah. Dan tentunya kita memiliki pengalaman masing-masing tentang cara apa yang cukup mudah yang kita rasakan ketika kita menghafal kitab alfiyyah.

Selaku santri pemula, saya sangat merasakan betapa sulit dan rumitnya dalam proses penghapalan nadhoman alfiyyah ini. Mungkin ini di sebabkan karena kata-kata dalam nadhoman alfiyyah ini yang cukup rumit dan juga banyaknya bait yang harus di hapal sehingga mengakibatkan timbulnya rasa jenuh yang semakin mempersulit proses penghapalan kita.

Namun begitu, kita harus tetap berusaha dan terus mencoba untuk bisa memecahkan segala kesulitan yang kita hadapi. Kita harus yakin bahwa tak ada yang tak penyok bila kita terus memukul. Nah, oleh karena itu saya akan berbagi sedikit pengalaman yang saya rasakan mengenai cara yang nyaman dalam menghapal nadhoman kitab alfiyyah ibnu malik ini. Ya, mudah-mudahan bisa membantu.

Alat dan bahan:
1. Matan kitab yg akan di hapal(usahakan matan yg tulisannya jelas dan ukuran hurufnya besar)
2. Stabilo (2 warna/lebih)
3. Pensil/pulpen
4. Spidol Snowman white board (non permanen)
5. White board (kalau tdk ada, anda bisa menggunakan lakban kardus yg di tempel memanjang pada dinding atau triplek sehingga menjadi sebuah media tulis)

Langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut:
1. Beri nomor pada bait-bait hapalan sesuai dengan jumlah target talaran kita dalam 1 hari. Misal kita menargetkan menghapal 10 bait dalam satu hari, maka kita menomori baitnya dari angka 1 sampai 10 kemudian ulang lagi dari 1 sampai 10 lagi dst.)

2. Coret setiap Bait yang diberi nomor 1 menggunakan salah satu stabilo warna, dan coret lagi bait yang bernomor 5 dgn stabilo warna yg lainnya.

3. Buat garis memanjang menggunakan pensil di bawah bait yg bernomor 10.

4. Pasang whiteboard di dinding kamar atau kobong atau lemari atau dimana saja yang sekiranya akan mudah/sering anda lihat.

5. Tulis bait hapalan yang akan anda hafal pada whiteboad tsb.

Fungsi dan kegunaan:
1. Penggunaan coretan stabilo warna yaitu supaya menimbulkan gambaran pada otak, sehingga otak lebih mudah terangsang.
2. Penggunaan garis pensil sebagai pemisah dan pematok antara target talaran hari ini dan hari berikutnya. Hal Ini dapat membuat kita fokus pada hapalan yg akan kita hapal dalam setiap harinya.
3. Penggunaan nomor untuk memposisikan kedudukan bait pada talaran dalam setiap harinya. Selain itu, nomor ini juga bisa berfungsi sebagai sarana untuk melatih hapalan. Contoh, saya sering menuliskan angka dari 1 smpai 10 secara acak dan seenaknya pada kertas kosong. misalnya 6493152 dan kemudian saya melafalkan hasil hapalan saya sesuai nomor 6,4,9,3,1,5,2 yang saya acak tersebut tanpa melihat matan.
4. Fungsi whiteboard untuk mempermudah proses penghapalan. Sehingga ketika kita sedang tidak membuka matan seperti sedang duduk-duduk santai, atau sedang tiduran, maka kita bisa melihat hapalan lewat whiteboard.

Ada beberapa Saran yg saya dapatkan dari beberapa sumber mengenai hal-hal yg sebaiknya di lakukan saat proses penghapalan. Diantaranya:
1. Diri kita sebaiknya dalam keadaan suci baik dari hadas kecil maupun hadas besar
2. Selalu mengawali menghapal dengan Membaca bismillah dan do'a serta diakhiri dengan membaca hamdallah dan do'a.
3. Sediakan waktu yang tetap untuk menghapal dalam setiap harinya. Misalnya pada pagi hari kita melakukan hapalan selama 2 jam, siang 1 jam, dan sore 2 jam. Kemudian ulangi lagi di hari berikutnya pada waktu yang sama dengan jumlah jam yang sama. Alangkah lebih baik bila waktu yang di gunakan untuk menghapal/belajar yaitu waktu yg seperti yg di cantumkan dalam kitab ta'limul muta'alim.
4. Usahakan menghapal di tempat yang tenang, terhindar dari sesuatu yang dapat menggangu konsentrasi. Bila perlu jauhkan/matikan handphone.
5. Jangan menganggap sulit hapalan, karna hal ini akan menjadikan sebuah sugesti negatif pada diri anda.

Catatan:
semua metode penghapalan hanyalah sebuah alat bantu dalam proses menghapal. Karna sesungguhnya kunci kesuksesan dan keberhasilan tergantung pada diri kita. Sejauh mana kita istiqomah, sejauh mana kita punya keinginan, sejauh mana kita berusaha.

Oleh karena itu, tetap semangat..! Kibarkan bendera islam khususnya di tanah Indonesia, raih cita-cita ulama, mari bersama-sama menjadi next generation of Ulama,

Semoga bermanfaat. apabila rekan-rekan semua mempunyai masukan tentang cara yang baik untuk mempermudah hapalan alangkah indahnya bila berbagi disini. Wassalam!

Bagikan: