TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Aplikasi Google Santri, Google Yang Di"pesantren"kan

Saya jadi teringat kata-kata yang diucapkan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro dalam drama mini Ada Apa Dengan Cinta? Isi kata-katanya seperti ini:

Detik tidak pernah melangkah mundur, tapi kertas putih itu selalu ada. ~ Rangga
Waktu tidak pernah berjalan mundur dan hari tidak pernah terulang, tetapi pagi selalu menawarkan cerita baru. ~ Cinta
Ya, begitulah. Waktu yang tidak pernah berjalan mundur bahkan terus maju. Tetapi selalu saja ada cerita-cerita baru yang ditawarkan. Ada kreatifitas-kreatifitas baru yang dihadirkan untuk mewarnai kehidupan yang semakin lengkap dan melengkapi ini.

Kehadiran Aplikasi Google Santri atau aplikasi yang bersitus asli http://santri.net adalah salah satu bukti kreatifitas tiada henti. Ini merupakan satu terobosan baik bagi kalangan pesantren dalam dunia dakwah khusunya dalam pencarian referensi keislaman. Dan aplikasi ini dibuat oleh Aswaja IT Developer yang berkedudukan di Solo serta sudah biasa meluncurkan aplikasi-aplikasi keislaman yang manfaatnya sudah dirasakan oleh banyak orang.

Aplikasi Santr.Net memberi kemudahan bagi umat Islam yang ingin mencari tahu ilmu hukum fiqih dan lain lainnya yang berkaitan dengan ilmu agama Islam. Santri.Net atau Google Santri yang dirilis pada 5 November 2014 adalah wadah bagi para alumni pesantren untuk saling komunikasi dan bertukar pengalaman. Digagas demi mengoptimalkan kinerja dakwah dan pengajaran berbasis salaf agar mampu mengakomodasi tuntutan zaman.

Beberapa kelebihan dan kemudahan yang ada di aplikasi google santri ini antara lain model pencariannya simpel dan sederhana, layout yang simpel dan bisa dishare ke jejaring sosial dengan mudah.

Seperti pada judul diatas, julukan website tersebut adalah Google Santri. Julukan “Google Santri” untuk situs Santri.Net bukanlah tanpa alasan. Hal ini karena memang di dalamnya memuat ribuan database materi tanya jawab seputar agama Islam yang dikelola langsung oleh para santri dari seluruh NUsantara. Database ini akan terus bertambah seiring bertambahnya waktu. Dan mungkin ini adalah satu-satunya di Indonesia dimana para santri aktif di dunia online untuk menjawab dan mengupas permasalahan-permasalahan yang diajukan oleh umat Islam khususnya muslimin Indonesia.

Ada berbagai kategori yang dapat ditemukan dalam situs Santri.Net diantaranya: Al Qur’an, Al Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih (seperti Fiqih Haji, Jenazah, Kesehatan, Muamalah, Nikah, Puasa, Shalat, Sosial, Thaharah, Zakat, Halal-Haram, Hewan, Ushul, Qurban dan Aqiqah, Nadzar, Pakaian Perhiasan, Wakaf dan Masjid, Warits Faroid), Hisab Falak, Ilmu Balaghoh, Hikmah, Tajwid, Kajian Nahwu, Tafsir, Keluarga, Kewanitaan, Khutbah, Kontemporer, Tarikh, Tasawuf, Ubudiyah, Artikel Islam, Kajian Umum, Kitab-Kitab, Kitab Digital, Kumpulan Doa dan Dzikir, hingga Kajian Khusus seputar Syubhat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Syubhat Liberal, Syubhat Syiah, dan Syubhat Wahabi, serta masih banyak lagi.

Silahkan situsnya bisa di kunjungi di http://santri.net dan aplikasinya sudah tersedia di Google Play

Aplikasi google Santri situs Santri.Net

Bagikan: