TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Islam Fobia Pasca Pemenggalan Wartawan Jepang Oleh ISIS

Pasca pemenggalan wartawan asal jepang, Kenji Goto oleh Islamic State Of Iraq & Syiria (ISIS), saat ini umat muslim dunia mengalami kekhawatiran munculnya islam fobia dari berbagai pihak. Hal ini sangat riskan karena akan membuat  agama islam mendapat citra buruk di mata dunia. Pedahal sebagaimana kita ketahui, islam adalah agama rahmatan lil-'alamin. Itu artinya islam adalah agama yang dipenuhi kasih sayang. Dan kasih sayang tersebut bukan hanya terhadap umatnya saja melainkan rahmat bagi seluruh alam.

Seperti yang diberitakan satsiun televisi NET pada Kamis (05/02), kekhawatiran itu muncul dari berbagai kalangan. Termasuk warga Indonesia yang berada di luar negeri. Sebab hal tersebut dapat mempersulit pola komunikasi dan interaksi mereka akibat pandangan buruk terhadap islam pasca aksi-aksi yang dilakukan oleh kalangan Islam radikal.

Seperti yang dituturkan Sri Een hartatik, seorang mahasiswi yang tinggal di Jepang, "Ya, memang ada yang mempertanyakan islam pasca pemenggalan oleh ISIS. Apalagi media jepang ramai-ramai memberitakan. Namun saya berusaha menjelaskan bahwa islam sebenarnya tidak seperti itu. Hal tersebut saya jadikan peluang berkomunikasi untuk menjelaskan islam sebenarnya."

Salah satu warga jepang, Chisa Nakata. Ia menuturkan adanya stigma negatif terhadap umat islam pasca pemenggalan seorang wartawan asal jepang bernama Kenji Goto oleh pasukan ISIS. "Bagi saya tidak ada pandangan buruk terhadap islam, karena saya sering berkomunikasi dengan salah satu teman yang beragama islam. Dan tahu islam sebenarnya tidaklah demikian. Namun bagi kalangan yang tidak punya kesempatan berinteraksi dengan orang islam, hal tersebut pasti ada. Dan itu terjadi pada Nenek saya", ujarnya.

Sumber Gb: http://tempo.co
Sebagaimana diketahui, ISIS merupakan sebuah klaim atas Negara Islam (Islam State) yang saat ini melakukan aksi-aksi pemberontakan di wilayah Iraq dan Syuriah. Mereka merupakan pecahan dari Al-Qaeda. Pola pemahaman agama islam yang mereka anut mengikuti faham wahabi-jihadi. Dimana faham ini terkenal cukup radikal dan ekstrim.

Bagikan: