TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Kembara Cabang Bandung Barat Dilantik

Kembara Cabang Bandung Barat Dilantik

Marzooqie ~ Sabtu, 14 Maret 2015 menjadi moment berkesan bagi Keluarga Mahasiswa Kab. Bandung Barat (Kembara) Cabang KBB. Pasalnya pada hari tersebut dilaksanakan pelantikan kepengurusan baru Kembara Cab. Bandung Barat yang akan menjabat selama periode 2015-2016. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di sekretariat DPC Kembara KBB yang beralamat di Jl. Raya BBC Cihampelas.

Ketua terpilih, Asep Muhamad mengatakan niatnya untuk mengkonstruksi kepengurusannya sehingga dapat meningkatkan kualitas para kadernya melalui prestasi, kreasi, dan inovasi. Hal ini dianggap perlu guna mengoptimalkan potensi mahasiswa sebagai kaum intelektual yang ada dalam komunitas berbasis kader sebagaimana Kembara. "Kami ingin bangun kader-kader kembara yang berkualitas", ujarnya disaat memberikan sambutan.

Beliau pun menegaskan misi kembara dalam mengabdi terhadap daerah. Dimana advokasi masyarakat dirasa perlu mengingat kondisi Bandung Barat yang saat ini dinilai belum stabil sehingga dapat menyulitkan masyarakat di beberapa sektor.

Ketua umum pengurus pusat Kembara yang juga turut hadir, Thorif Abdul Latif dalam sambutannya mengatakan apresiasi terhadap pergerakan dan militansi kader-kader Kembara di DPC Bandung Barat. Hal ini terlihat dari beberapa program yang telah dilaksanakan DPC Kembara KBB sebagaimana yang diharapkan oleh PP Kembara. "Kami apresiasi dulur-dulur kembara cabang Bandung Barat atas militansinya selama ini", ujarnya.

Beliau mengharapkan semua kader Kembara dapat memberi makna dan ciri terhadap organisasi Kembara. Dimana selama delapan tahun berdiri, Kembara dirasa masih diartikan hanya dari namanya saja, yakni Keluarga Mahasiswa Bandung Barat. Namun dari berbagai fokus pengabdian yang telah dijalankan, kembara masih belum memiliki warna khas yang mempertegas eksistensinya. "Kedepan, kita pertegas ciri khas kembara. Dan itu semua akan muncul dari kebersamaan yang dibangun oleh semua kader Kembara."

Kembara adalah organisasi kedaerahan yang mewadahi para mahasiswa asal Kab. Bandung Barat yang menempuh jenjang studi di perguruan tinggi manapun. Organisasi ini diharapkan mampu memberi ruang pemikiran dan pergerakan bagi para mahasiswa untuk kemajuan daerah. Sehingga produk pemikiran serta aktualisasinya dapat kembali pada daerah asal. Organisasi ini berdiri pada tahun 2007 oleh beberapa mahasiswa asal Bandung Barat. Yang kemudian berkembang menjadi organisasi dengan basis kader yang banyak.

Awalnya, Kembara berdiri dalam satu atap dibawah satu kepengurusan. Namun seiring banyaknya kader serta tuntutan keleluasaan dalam mengabdi, maka pada tahun 2012 dibentuklah cabang-cabang di setiap daerah. Saat ini Kembara memiliki tiga cabang yang aktif, yakni DPC Kota Bandung, DPC Kab. Bandung Barat, dan DPC Kota Cimahi. Setiap cabang-cabang tersebut mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang kampusnya berada diwilayah letak geografis cabang.

Bagikan: