TENTANG

Berita Terkini

Bola

ShowBiz

Bisnis



Topik Populer

Featured

Liputan9

Liputan9
Liputan9

KAJIAN ISLAMI

KATEGORI

Berita Terbaru

NAHDLATUL ULAMA

Follow Us

banner here

KONTEN TERBARU

TREN HARI INI

Situs-Situs Islam Terpercaya dan Terpopuler

Manusia tidak pernah lepas dari refersensi. Karena refersensi merupakan makanan sekaligus sumber gizi bagi otak guna menambah daya nalar dan intelektual. Oleh karena itu, refersensi haruslah dari sumber yang baik dan terpercaya. Sebab kulitas otak seseorang, dalam hal ini pengetahuan, baik serta buruknya akan sangat tergantung dari referensi yang dibacanya. Apabila referensinya salah, maka otak pun akan diisi oleh pengetahuan yang salah. Dan ini sungguh tidak baik serta akan sangat menyesatkan pengetahuan.

Dalam islam, pun demikian. Islam adalah agama yang dipenuhi dengan lautan ilmu. Ilmu dalam agama islam sangat dihargai dan termasuk dalam prioritas syariat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai keterangan diantaranya yaitu sabda Nabi Muhammad SAW:


طلب العلم فريضة على كل مسلم و مسلمة
Artinya: "Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi muslim lelaki dan perempuan" (Shahih)

Islam sangat teliti dalam masalah sumber serta referensi keilmuan. Bahkan dalam khazanah keilmuan islam sejak dahulu sudah dikenal istilah-istilah seperti riwayat, sanad, musnad, dsb. Yang mana semua itu menunjukan betapa pentingnya sanad (sandaran) keilmuan dalam agama islam. Ini bisa dilihat dari salah satu ucapan seorang Ulama besar, Abu Yazid Al-Busthomi yang berkata dalam Ruhul Bayan Juz 5 hl 203:

"Barang siapa tidak memiliki guru dalam ilmu agamanya, tidak ragu lagi maka gurunya adalah syeitan"

Oleh sebab itu penting bagi kita semua untuk memiliki guru. Selain itu ketika mencari sumber keilmuan agama mestilah kita mengambil dari referensi yang jelas agar terhindar dari kesalahan yang bisa menjerumuskan kita dalam kekeliruan.

Berikut ini adalah situs-situs dengan tema keislaman yang didalamnya sudah memiliki pertanggung jawaban. Dimana situs-situs berikut memuat berbagai artikel dan referensi ilmiah yang cukup baik.

Situs-Situs Islam Terpercaya

  1. http://www.nu.or.id/ - (NU Online) merupakan situs yang menyajikan berita, informasi, dan kajian keislaman. Situs ini berada dibawah tanggung jawab organisasi islam terbesar didunia yaitu Nahdlatul Ulama.
  2. http://muslimedianews.com/ - (Muslimedianews - Media islam | Voice Of Muslim) merupakan situs yang sifatnya berbasis media informasi serta kajian-kajian keislaman. Situs ini dikelola oleh santri dan tim IT aswaja.
  3. http://media-islam.or.id/ (Media Islam | Belajar Islam Sesuai Al-Qur'an dan Hadist)
  4. http://kyaijawab.com/ (Kyai Jawab) merupakan situs search engine yang memudahkan umat dalam mencari referensi hukum keislaman.
  5. http://dinulqoyyim.com/ (Dinul Qoyyim) merupakan situs dakwah dan kajian.
  6. http://www.alkhoirot.net/ (AlKhoirot - Konsultasi Syariah Islam) Situs pesantren Al-Khoirot.
  7. http://pesantrenvirtual.com/ (Pesantren Virtual)
  8. http://cyberdakwah.com/ (Cyber Dakwah) merupakan situs dakwah didunia cyber internet.
  9. http://piss-ktb.com/ (Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - Kajian Kitab) merupakan situs kumpulan hasil diskusi dan bahtsul masail via facebook.
  10. http://santri.net/ (Santri - Pusat Konsultasi Islam) merupakan situs yang memuat kumpulan kajian hukum dan pembahsan keislama. Selain itu situs ini juga menyediakan search engine yang menyerupai google. Hingga beberapa kalangan menyebutnya google santri.
  11. http://sufinews.com/ (Sufinews. Com | World Sufi Of Indonesia) merupakan situs yang memuat bebagai kajian dah hal yang berkaitan dengan sufi dan tasawuf.
  12. http://liriksolawat.com/ (LirikSolawat.Com) merupakan situs yang menyediakan lirik-lirik shlawat dan qasidah secara lengkap. Ini sangat memudahkan bagi para pencinta shalawat dalam mencari lirik solawat kesukaannya.
  13. http://forsansalaf.com/ (Forsansalaf - Tautkan hati bersama salaf) merupakan situs yang menjadi forum santri sunniyah salafiyyah.
  14. http://madinatulilmi.com/ (Madinatulilmi - Majlis ta'lim wa da'wah milik Habib Sholeh Bin Ahmad Alaydrus)
  15. http://sarkub.com/ (Thariqat Sarkubiyah - santun berdakwah sejuk beribadah) merupakan situs yang juga mengembangkan aplikasi. Didalamnya berisi kajian-kajian keislaman.
  16. http://elhooda.net/ (Ngaji Yuk!) merupakan situs yang memuat kajian keislaman. Sesuai namanya, Ngaji Yuk! membawa para pembacanya seperti sedang mengaji di majlis.
  17. http://www.aswj-rg.com/ (Ahlusunnah Wal Jama'ah Research Group) merupakan situs yang didalamnya memuat artikel-artikel pembeda dan penjelas antara ahlusunnah dengan non-ahlusunnah.
Nanti akan di update lagi, insyallah..

Bagikan: