Hari Santri Nasional Segera Diresmikan

Kabar gembira bagi umat muslim di Indonesia khususnya kalangan pesantren dan santri. Pasalnya, presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan meresmikan hari santri nasional yang memang sudah menjadi wacana sejak lama. "Saat ini gagasan peringatan Hari Santri Nasional itu sedang dibahas di Kementerian Agama (Kemenag). Kalau sudah selesai pasti segera kami umumkan kepada masyarakat luas dan kami resmikan," kata Presiden Jokowi di Balai Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang di Malang, Kamis, sebagaimana yang dilansir dari NU Online.

Menurut presiden Jokowi, peresmian tersebut direncanakan bisa selesai pada tahun 2015 ini. "Secepatnya dan sebisa mungkin tahun ini peringatan Hari Santri Nasional sudah diresmikan," ujarnya.

Pada kesempatan kunjungannya ke Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Presiden Jokowi menyerahkan tiga kartu sakti, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 872 kepala keluarga (KK) dari 4.228 jiwa penerima tiga kartu sakti di desa tersebut.

Selain itu, Presiden Jokowi juga membagikan kartu Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat bagi 13 orang.